Upgrading PC IMAKAHI merupakan salah satu program kerja Pengurus Cabang IMAKAHI UGM yang digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kepengurusan PC IMAKAHI menjadi lebih baik lagi. Upgrading PC IMAKAHI 2020 telah dilaksanakan pada tanggal 21 November 2020 secara daring melalui media Zoom dengan mengangkat tema “Langkah Cerdas Hindari Toxicity Diri”. Tema ini diangkat dengan harapan anggota dan staff PC IMAKAHI UGM dapat mengetahui mengenai toxicity, baik toxic yang bersifat negatif maupun toxic yang bersifat positif sehingga dapat mencegah dan menghindari penyebaran toxicity baik di dalam maupun di luar keluarga PC IMAKAHI UGM.

Kegiatan Upgrading PC IMAKAHI 2020 dilaksanakan dalam bentuk webinar yang diawali dengan games quizziz untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta mengenai toxicity. Materi Upgrading dibawakan oleh Saudari Zafira Rahmania Nur Shabrina, S. Psi., M. SC dari dosen Psikologi UGM. Sesuai tema yang diangkat pada Upgrading PC IMAKAHI 2020, Saudari Zafira menjelaskan bahwa banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya toxic, maka menyadari hal tersebut harus dimulai dari dalam diri sendiri dengan menjadi orang yang empatik. Kemudian Saudari Zafira juga menjelaskan sikap yang harus dilakukan kepada orang atau teman yang bersifat toxic, beberapa diantaranya harus speak up kepada mereka, meminta mereka untuk mundur (tidak melakukan hal yang kita rasa toxic), berhenti untuk focus pada mereka, mencari support system dari teman yang lain, belajar untuk melepaskan mereka, dan mencoba untuk pergi ke psikologi atau bantuan lainnya. Sedangkan toxic dalam organisasi harus dihadapi dengan open culture yaitu terbuka dan berani dalam berpendapat, play by the rules yaitu patuh terhadap tata tertib organisasi, dan solution centric atau menjadi pusat solusi bukan sebagai penyebar fitnah, bullying ataupun manipulasi. Dengan demikian akan terbentuk relasi yang sehat dan seimbang sehingga dalam organisasi tidak ada anggota yang saling bergantung. Meskipun permasalahan biasa terjadi di dalam organisasi, namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara fight fear karena setiap anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menyuarakan pendapat tanpa harus saling menjatuhkan.

Setelah pemaparan materi, dibuka sesi tanya jawab untuk peserta yang ingin bertanya mengenai toxicity kepada Saudari Zafira. Kemudian kegiatan Upgrading ditutup dengan quizziz mengenai materi yang telah dipaparkan oleh Saudari Zafira. 

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.