World Veterinary Day (WVD) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan dan diperingati pada hari sabtu terakhir bulan april dalam rangka mempromosikan dan mengapresiasi profesi Dokter Hewan di seluruh dunia. World Veterinary Day pada tahun 2022 jatuh pada tanggal 30 April 2022. Pengurus Cabang IMAKAHI UGM tiap tahunnya ikut memeriahkan World Veterinary Day dengan membuat beberapa rangkaian acara, yang pada tahun ini memiliki tema besar “One Health”.

Rangkaian acara World Veterinary Day tahun ini antara lain yaitu Air campaign, webinar, lomba esai dan lomba infografis. Kegiatan Air campaign membuka volunteer untuk umum dengan jumlah volunteer sebanyak 86 orang. Dengan adanya  Air campaign, masyarakat diharapkan dapat   mengenal peran penting dokter hewan dalam One Health. Kegiatan ini dibuka mulai tanggal 6-16 April 2022 dan akan dilaksanakan pada tanggal 18 – 24 April 2022.

Pada tahun 2022, World Veterinary Day FKH UGM mengadakan lomba pada bidang infografis dan esai. Lomba Esai WVD 2022 memiliki sub tema “Dokter Hewan di Tengah Pemulihan COVID-19”, tema ini diangkat sebagai salah satu upaya agar masyarakat mengetahui bahwa Dokter Hewan juga berperan penting dalam upaya pemulihan akibat pandemi. Juara pertama lomba esai World Veterinary Day diraih oleh Siti Mukharomah dengan esai yang berjudul “OH-Campaign Inovasi Program Terintegrasi untuk Mendukung Peran Dokter Hewan dalam Mewujudkan One Health di Tengah Pemulihan Covid-19”, kemudian Juara 2 diraih oleh Gusti Putu Arni Safitri dengan judul esai “Aktualisasi Peranan Dokter Hewan di Masa Pe,ulihan Covid-19 Melalui Pendekatan One Health”, dan juara 3 diraih oleh Humaira Az-Zahra dengan judul esai “CAPRENEZO APP” . 

Lomba infografis yang dilaksanakan pada tanggal 17 – 30 April 2020. Adapun Juara pertama diraih oleh Cindy Vionita Handoko dengan judul karya “Peran Dokter Hewan dalam Pengendalian Penyakit Zoonosis”, Juara kedua diraih oleh Dinda Ramadhani Ermaistyaningsi dengan judul karya “Garda Terdepan Zoonosis” dan juara ketiga diperoleh Simon Bria Hura dengan judul karya “Peran 7M Dokter Hewan Sejati dalam Mencegah Zoonosis”. 

World Veterinary Day juga mengadakan webinar yang diikuti ratusan partisipan dari berbagai macam instansi dan masyarakat umum. Webinar kali ini mengangkat tema “One Health: It’s All Sesi pertama webinar diisi oleh pembicara Prof. Dr. drh. Wayan Tunas Artama yang membahas “ One Health x Veterinarian” yang membahas lebih dalam terkait impementasi One Health untuk mengontrol zoonosis serta begaimana peran dari dokter hewan dalam pelaksanaannya. Selanjutnya pada sesi kedua webinar, drh. Putu Cru Devischa Gallantiswara, M.sc selaku pembicara selanjutnya membahas “Zoonotic Diseases, Veterinarian and One Health”. Pada sesi ini dipaparkan mengenai pengertian singkat zoonosis, penyakit-penyakit infeksius, resistensi antimikrobial, konsep One Health, dan peran dokter hewan dalam One Health. Acara Webinar berjalan dengan baik, lancar dan memberikan ilmu baru yang bermanfaat. 

Acara ini diakhiri dengan foto bersama dengan pembicara sebagai dokumentasi acara.

Dengan terlaksanakannya kegiatan World Veterinary Day kami berharap masyarakat umum akan sadar bahwa Dokter Hewan juga memiliki peran penting dalam kesehatan disekitar, baik kesehetan hewan maupun kesehatan manusia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.