IMAKAHI Sharing Session yang merupakan serangkaian acara yang diadakan pada 29 Agustus – 21 November 2020 merupakan wadah yang disediakan oleh PC IMAKAHI untuk seluruh mahasiswa FKH UGM dimana pada acara ini PC IMAKAHI UGM mengundang berbagai pembicara dari berbagai bidang untuk sharing yang dilakukan baik secara webinar maupun Live IG.

Pada Pengmas Berbagi #1 yang dilaksanakan tanggal 29 Agustus 2020 dalam webinar yang mengusung tema “Meningkatkan Kesejateraan Hewan di Masa Pandemi COVID-19” dengan subtema yaitu Penerapan ‘Animal Welfare’pada Hewan Tak Berpemilik yang dibawakan oleh pemateri yang sangat luar biasa yaitu drh. Merry JAAN sebagai Veterinary Care Coordinator at Jakarta Animal Aid Network (JAAN) sekaligus sebagai Animal Welfare Advisor at Wildlife Detection Dogs. Beliau menjelaskan materi dengan sangat menarik mengenai kondisi hewan tak berpemilik saat pendemi,4 pilar kesejahteraan hewan dengan berbagi solusi yang sangat kredibel untuk menginspirasi peserta sebagai kaum millennial. Selanjutnya pemateri 2 datang dari komunitas Peduli Kucing Pasar (PKP) Yogyakarta dan Animal Friends Jogja yang sangat inspiratif dengan berbagi pengalaman dalam perspektif komunitas sahabat satwa di Yogyakarta, subtema yang diangkat adalah Memupuk Kepedulian Manusia terhadap Hewan pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Pengmas berbagi ini tidak hanya dilakukan webinar saja namun kami dari Departemen Pengabdian Masyarakat juga melakukan open donation yang sudah kami salurkan kepada AFJ juga PKP.

Pada Kewirus Talk yang dilaksanakan tanggal 1 September 2020, Departemen Kewirus mengundang pembicara Andre Firmansyah yang merupakan salah satu alumni FKH 2015, dengan tema “Membangun Kreativitas dan Inovasi Sebagai Entrepreneur Muda”. Kewirus talk kali ini diadakan secara LIVE di IG @imakahiugm dengan Sandra Sukma angkatan 2019 sebagai moderator. Kak Andre menjelaskan banyak sekali hal- hal yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha misalnya menentukan target market, survey pasar, dan menyediakan barang yang dibutuhkan oleh calon pembeli. Dalam live Kak Andre merekomendasikan beberapa steps berwirausaha seperti merencanakan pembagian waktu antara kuliah praktikum dan berwirausaha, kemudian juga saran untuk mulai ikut inkubasi UGM, dan lain sebagainya. Tips- tips ini kak Andre berikan secra lengkap baik dalam lingkup berwirausaha di KH, UGM, dan lingkup yang lebih luas lain. For further information Kak Andre memiliki wirausaha di bidang veterinary medicine  seperti scrub dan lainnya. Lewat sharing ini Kak Andre berharap agar semakin banyak orang memulai wirausaha, yang mungkin tidak harus besar, namun mahasiswa khususnya kita mahasiswa KH yang sibuk dengan banyak laporan dan tugas memiliki waktu 24 jam yang sama yang mungkin dapat dipergunakan sebagai waktu untuk berwirausaha. Dari kewirus talk dengan Kak Andre kali ini kita tahu bahwa ’if there’s a will, there’s a way!’

Pada Kastrat Live IG yang dilaksanakan pada tanggal 8 November 2020 yang berupa LIVE IG di @imakahiugm dengan mengusung tema Wildlife Veterinary Live Sharing Experience. Pada kesempatan kali ini kami mengundang seorang narasumber yaitu drh. Irhamna Putri Rahmawati, M. Sc. yang merupakan dokter hewan di Wildlife Rescue Center Yogyakarta. Beliau menjelaskan secara menarik mengenai bidang kerja dokter hewan satwa liar (wildlife veterinarian) yang berfokus pada konservasi alam. Dokter hewan satwa liar di Indonesia sebagai salah satu negara dengan biodiversitas tertinggi di dunia memiliki peran yang strategis antara lain melaksanakan berbagai upaya penyelamatan (rescue) satwa, transfer lokasi atau pemindahan satwa ke area yang lebih baik, pelepasan jerat, serta dalam upaya pemeliharaan satwa dan pencegahan terjadinya suatu penyakit. Beliau juga membahas mengenai tantangan serta risiko bekerja di bidang tersebut, kemampuan yang dibutuhkan apabila ingin menjadi dokter hewan satwa liar, serta upaya-upaya konservasi satwa di Indonesia. Menurut beliau, dokter hewan satwa liar merupakan profesi yang mulia dan masih banyak dibutuhkan di Indonesia sehingga penonton siaran langsung yang nantinya ingin berkarir di bidang konservasi diharapkan dapat mulai menekuni bidang tersebut serta menjalankan kewajiban akademik dengan baik sehingga nantinya dapat berkontribusi di dunia konservasi satwa liar.

 

Pada Pengmas Berbagi #2 yang dilaksanakan tanggal 21 November 2020, Departemen Pengabdian Masyarakat kembali melakukan sebuah inovasi dalam upaya berbagi ilmu meskipun saat pandemi. Mini talkshow kali ini disiarkan melalui live youtube PC IMAKAHI UGM dengan tema “Special People Around Us in Pandemic COVID-19” dengan menghadirkan pembicara yang sangat luar biasa yaitu Dr. Subagya, M.Si yang menjabat sebagai Dosen Prodi Pendidikan Luar Biasa di UNS yang membawakan materi pengenalan singkat mengenai keistimewaan penyandang disabilitas, dan materi kedua dibawakah oleh Bapak Tatang, S.os beliau merupakan pendiri SLB ABCD dan pernah menjadi narasumber pada Acara Hitam Putih di salah satu stasiun televisi, beliau banyak berbagi pengalaman inspiratif mengenai bagaiamana membangun kepedulian masyarakat kepada penyandang disabilitas. Mini talkshow kali ini juga dibarengi dengan donasi yang disalurkan kepada Panti Asuhan Bina Siwi.

   


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.