Class of Delegation (COD) telah terlaksana secara daring pada tanggal 15 dan 22 November 2020 dengan tema “Discover New Interests, Improve Your Relations Skills” dengan tujuan menambah pengetahuan tentang PC IMAKAHI, PB IMAKAHI, IVSA serta memperoleh skill untuk berkomunikasi, menjalin relasi, dan menjadi delegasi yang baik.

Pada tanggal 15 November 2020 telah dilaksanakan Class of Delegation X IMAKAHI Roadshow hari pertama yang dimulai pukul 08.30 WIB dan diikuti sebanyak 51 peserta, materi pertama dari acara ialah mengenai PC IMAKAHI UGM yang disampaikan oleh Saudara Faishal Abdillah S.K.H yang membahas tentang sejarah IMAKAHI, struktural PC IMAKAHI UGM, Prokernas, alur menjadi delegasi serta persiapan yang diperlukan untuk menjadi delegasi yaitu memerlukan niat, tujuan, pengetahuan, dan biaya serta hasil yang didapat menjadi delegasi ialah mendapatkan relasi, pengetahuan dan keahlian yang bertambah. Selanjutnya, terdapat pemutaran video mengenai bidang profesi dokter hewan, fakultas kedokteran hewan, dan PB IMAKAHI. Setelah itu, terdapat pengenalan PB IMAKAHI yang disampaikan oleh Saudara Zaki Abdul Aziz Mubaraq, kedepannya diharapkan banyak mahasiswa yang berperan dalam nasional maupun internasional. Dilanjutkan dengan pengenalan IVSA Class yang disampaikan oleh Saudari Maulida Salsabila Amru yang menjelaskan tentang kegiatan departemen PR (Public Relations) PB IMAKAHI, IVSA, tujuan didirikan IVSA, kegiatan yang dilakukan IVSA, keuntungan dan cara mengikuti IVSA, Standing Committees, internship dan scholarships dari IVSA, tips planning pertukaran secara individual atau grup, serta pemberitahuan adanya upcoming event IVSA congress, yang kedepannya diharapkan banyak mahasiswa yang berpartisipasi pada event internasional IVSA. Setelah itu, workshop oleh departemen Koordagri (Koordinasi dalam negeri) yang memaparkan tentang fungsi dan tugas koordagri. Setelah sesi istirahat, acara dilanjutkan dengan workshop departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) dan Pengmas (Pengabdian Masyarakat) yang disampaikan oleh Saudari Thearza Tavinia yang menjelaskan tentang proker departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) dan Pengmas (Pengabdian Masyarakat), mekanisme magang IMAKAHI, pengmasnas online, VISI, dan sebagainya. Setelah itu, dilanjut dengan workshop departemen PR (Public Relations) yang diisi oleh Saudari Cahyani Fortunitawanli yang melakukan sharing pengalaman bagaimana kenal IVSA, WSAVA Congress Volunteers, pengalaman mengikuti International Events, Tips serta benefits yang didapat, sehingga dapat menginspirasi mahasiswa untuk mengikuti suatu event internasional. Selain itu, terdapat materi mengenai cara membuat Motivation Letter yang akan menambah pengetahuan mengenai cara membuat Motivation Letter yang baik.

Pada tanggal 22 November 2020 telah dilaksanakan Class of Delegation X IMAKAHI Roadshow hari kedua yang dimulai pukul 08.45 WIB dan diikuti sebanyak 51 peserta, acara dimulai dengan workshop departemen Kesekretariatan yang disampaikan oleh Saudari Tazkiatun Nafsi El Hawa yang menjelaskan tentang kegiatan yang dilakukan departemen kesekretariatan seperti notulensi, pengarsipan, data surat, inventaris, data PC, SOP, presensi, pengarsipan LPJ, Koordinasi KSK PC, buku tahunan, digitalisasi administratif. Selain itu, dijelaskan juga menganai cara menulis surat serta mengirim surat melalui surel, sehingga tahu bagaimana cara mengirim surat melalui surel yang baik. Acara dilanjut dengan workshop dari Ketua PB IMAKAHI dan Sekjen (Sekretaris Jenderal) terkait kepemimpinan dan komunikasi efektif yang menjelaskan tentang kepemimpinan, kendala kepemimpinan, skala kepemimpinan, effective speaking, hierarchy of communication, dan lebih banyak lagi sehingga dapat menambah pengetahuan tentang kepemimpinan dan cara berkomunikasi yang efektif. Setelah sesi istirahat, acara dilanjutkan dengan workshop departemen Informasi dan Komunikasi memaparkan tentang tips dan guidance on graphic designing and video making yaitu dengan menentukan konsep dan tema desain, tips memilih color tone, memilih font sesuai konsep/tema. Selain itu, dipaparkan tips membuat caption dan memilih editing software. Selanjutnya, workshop departemen Kajian Strategis yang disampaikan oleh Saudari Ratna W. Prastiwi yang memaparkan tentang tugas Kastrat PB IMAKAHI dan tahapan melakukan kajian seperti menentukan masalahnya, memikirkan dampak dari isu, skala prioritas untuk dibahas, output yang didapatkan jika mengkaji isu tersebut. Selanjutnya, workshop departemen Keuangan dan Kewirausahaan yang disampaikan oleh Saudari Karina Rachmawati yang memaparkan jobdesc dan proker departemen Keuangan dan Kewirausahaan PB IMAKAHI, serta cara menumbuhkan inovasi menjadi vetpreneur, yang diharapkan dapat membantu dalam planning suatu usaha dan menumbuhkan jiwa-jiwa berwirausaha.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.