Pada awal tahun 2019 telah dilaksanakan pelelangan program kerja di Musyawarah Kerja Nasional di Universitas Brawijaya (UB). Program yang dilelangkan salah satunya Veterinary Student Event (VSE).  Program VSE merupakan program kerja tahunan Ikatan Mahasiswa Kedokteran Indonesia (IMAKAHI) yang bertujuan sebagai wadah aspirasi berkarya sekaligus untuk menambah relasi antar kolega mahasiswa fkh. Tahun ini VSE diadakan oleh Pengurus Cabang IMAKAHI UB pada tanggal 18-19 Oktober 2019 di Universitas Brawijaya dengan tema “Law Against Injustice for Vet and Animals

Pada hari pertama diadakan seminar nasional yang disampaikan oleh drh. Bilqisthi Ari Putra, Doni Herdaru Tona, dan R. Budi Prasetyo DRH, SH dengan moderator drh. Nofan Rickyawan, M. Sc. Seminar membahas tentang perundang-undangan profesi dokter hewan dan kekuatan hukum mengenai kekerasan Hewan di Indonesia. Kekerasan sering terjadi pada hewan karen lemahnya hukum yang mengatur tentang hewan di indonesia. Bentuk penganiyaan yang sering terjadi karena pemilik yang abai, mengonsumsi hewan yang tidak seharusnya, maupun karena hanya iseng semata. Meskipun sudah ada undang- undang yang mengatur tentang dilarangnya penganiayaan, nyatanya masih saja banyak terjadi penganiayaan terhadap hewan. Mahasiswa fkh diharapkan dapat berperan penting dalam mencegah kekerasan pada hewan melalui sosialisasi kesejahteraan hewan.

Hari berikutnya dilaksanakan lomba essay, fotografer, poster dan video edukasi. Antusiasme mahasiswa fkh khususnya ugm tinggi dengan banyaknya perwakilan yang mengikuti lomba tersebut. Lomba video edukasi dimenangkan oleh Maria Angelica M dan tim dari UGM yang mengusung judul ‘Anjing peliharaan atau makanan’. Lomba poster juga dimenangkan oleh Maria Angelica M dari UGM dengan mengusung judul ‘Bahaya mengkonsumsi sirip hiu’.

Terselenggaranya acara ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi dari mahasiswa fkh yang bisa memberikan manfaat untuk kehidupan dokter hewan. Selain itu, juga menyadarkan peran mahasiswa dalam mencegah kekerasan terhadap hewan. Semoga kedepannya UGM dapat menjadi pionir dalam berinovasi.

Kategori: PENDELEGASIAN

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.